CDC Bantah Keluarkan Pe「betvictor China」ringatan Wabah Mirip Polio

  • 时间:
  • 浏览:0

“Cbetvictor ChinadC bebetvictor Chinalum mebetvictor Chinangeluarkan perbetvictbetvictor Chinaor Chinaingatan resmi tentang AFM pada tahun 2021. Namun, Tim AFM CDC terus bekerja dengan departemen kesehatan negara bagian dan organisasi medis profesional untuk mendidik dokter tentang AFM seandainya kami melihat peningkatan kasus tahun ini,” tulis CDC.

Bertentangan dengan klaim dalam artikel tersebut, CDC juga belum mengeluarkan siaran pers atau laporan terkait AFM di tahun ini.

Meski identik dengan laporan palsu yang beredar pada 2021, sebenarnya peringatan ini muncul lebih dari empat bulan sebelum peluncuran vaksinasi dilakukan di AS atau pada pertengahan Desember 2020.

“AS peringatkan wabah penyakit seperti polio dalam empat bulan,” tulis artikel tersebut.

Artikel ini menuliskan bahwa CDC memperingatkan adanya wabah Acute Flaccid Myelitis (AFM), kondisi neurologis yang langka tapi serius, yang diperkirakan akan terjadi dalam 4 bulan ke depan, pada 17 Agustus 2021.

Beberapa pengguna di media sosial menafsirkan peringatan ini sebagai upaya menutupi reaksi merugikan terhadap vaksin.

Baca juga: Berkaca dari Peristiwa French Open 2021, Benarkah Vaksin Sinovac Belum Diakui Eropa?

Baca juga: Benarkah Varian Corona Mu Tak Lebih Ganas dari Delta? Ini Kata Eijkman

Salah satu akun di media sosial Facebook mengunggah tangkapan layar dari artikel yang diterbitkan Florida Star pada 20 Agustus 2021.

Klaim tersebut tampaknya didasarkan pada peringatan yang dikeluarkan CDC terkait AFM lebih dari setahun yang lalu atau tepatnya pada 4 Agustus 2020.

KOMPAS.com - Sebuah informasi yang mengeklaim bahwa Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) memperingatkan kemungkinan wabah penyakit seperti polio di tahun 2021 beredar luas di media sosial.

Melansir AFP, CDC menegaskan tidak mengeluarkan peringatan resmi mengenai AFM pada tahun 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email